PRODUSEN ALAT KONVERSI DAN JUAL MESIN PENGERING

Mengatasi bunyi berisik pada Mesin Cuci

Sahabat BP (Bos Pengering)
Saya ingin berbagi pengalaman yang mungkin juga pernah dialami rekan-rekan semua
Mohon dishare bila rekan-rekan merasa penting ya, agar tersimpan di timeline anda.
Jika mesin cuci anda berbunyi sangat berisik seperti pesawat terbang, mohon hentikan produksi laundry anda. Karena bila diteruskan kerusakan yang awalnya hanya berasal dari satu sumber bisa merembet ke peralatan yang lain. Sebenarnya, bunyi ini layaknya alarm mengingatkan kita untuk mengganti beberapa komponen di dalamnya. Masalah bunyi berisik ini umumnya timbul saat mode spin yang menjadi indicator bahwa bearing mulai terkikis.
Saya ingin membahas satu persatu dari mempelajari berbagai sumber, sumber Masalah yang mungkin muncul saat mesin cuci berbunyi berisik selama mode spin :
1. Kerusakan Bearing
Ketika mesin cuci diputar pada mode spin, tabung yang tertaut pada bearing akan ikut berputar dan tabung dapat berputar secara bebas hingga nol resistansi. Bila bearing ini terkikis, suara yang amat berisik akan terdengar saat mesin berputar. Cara yang paling mudah untuk mengenali kerusakan adalah bila bunyinya makin lama makin keras saat kita gunakan terus menerus. Hal ini berarti bearing mesin pengering anda makin terkikis dan mengarah ke kerusakan yang fatal. Bearing di dalam mesin cuci berbentuk lingkaran logam yang diisi dengan bola logam kecil didalamnya. Bola logam kecil ini duduk dalam sebuah trak dan bergerak saat mesin cuci berputar. Bila bearing mulai terkikis, biasanya bola kecil didalamnya akan jatuh satu persatu dan membuat suara yang kita dengar. ( Bila mesin cuci anda adalah bukaan depan, buka pintu dan coba putar tabungnya. Bila anda mendengar suara yang tidak merata atau suara seperti terkikis, silahkan ganti bearing anda)
Bearing yang berbunyi dapat juga karena kehabisan pelumas. Bila suara yang terdengar lebih seperti suara mendecit ketimbang suara tergerus, hal ini mungkin berarti bahwa bearing membutuhkan pelumas. Bila suara yang terdengar lebih pada suara tergerus, maka ini mungkin bahwa bearingnya terlepas atau rusak dan harus diganti segera. Terkadang, pemilik laundry memaksakan penggunaan mesin cuci yang berakibat pada kerusakan body tabung dan akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk penggantiannya.
2. Kerusakan pada pully
Mesin cuci yang berisik dapat disebabkan juga oleh pully yang rusak. Pully adalah bagian yang menempel pada dynamo mesin cuci dan menarik tabung untuk ikut berputar. Pully terbuat dari plastic atau logam. Pully ini dapat dengan mudah terkikis atau lepas. Harga pully hamper sama dengan bearing, namun penggantiannya dapat dilakukan lebih mudah ketimbang penggantian bearing.
3. Drain pump yang rusak
Drain pump di mesin cuci adalah bagian yang berfuungsi untuk mengeluarkan air. Alat ini kadang tersumbat atau rusak. Bila suara berisik yang muncul terjadi pada selang waktu tertentu saat proses spin, kemungkinan penyebabnya adalah drain pump. Biasanya hal ini dapat diperbaiki dengan mengganti drain pump atau membersihkan bahan-bahan yang menyumbat drainpump.
4. Shock (untuk mesin bukaan depan) atau Spring (untuk mesin bukaan atas)
Mesin cuci bukaan depan menggunakan shock absorbers di tengah tabung yang menjaga putaran saat tabung berputar. Shock ini menghubungkan penutup tabung bagian luar ke tabung. Bila shock absorbers di mesin bukaan depan anda lemah, mesin cuci anda dapat mengeluarkan suara yang sangat berisik.
Untuk mesin pengering bukaan atas, spring atau dampening strap digunakan untuk menjaga posisi tabung di tengah. Bila spring atau per ini lepas atau lemah, suara yang amat berisik akan terdengar
Mungkin rekan-rekan disini ingin berbagi hal apa lagi yang menjadi penyebab mesin cuci bisa berbunyi sangat berisik sehingga bisa membantu rekan laundry yang lain
Silahkan simak #tips lainnya untuk merawat mesin pengering atau mesin cuci di laundry anda smile emoticonUntuk
Bos Pengering's photo.

9 komentar:

  1. Seri bearing gearbox buat aqua aqw 98 dd berapa ya

    BalasHapus
  2. mesin cuci midea mae70-110 sy pengeringnya bunyi keras seperti kretek2 gitu tp pas wash dn rinse tdk hanya saat spin sj pdhl br sy miliki 1 th dn dipakai seminggu sekali max 4 x putaran knp bs bunyi y?

    BalasHapus
  3. Kalo waktu mengeringkan terdengar suara kasar

    BalasHapus
  4. Mesin cuci sy bunyi nya kasar bgt kaya ada yg kegerus2 tp pas wash doang, apa ya solusinya?🙏

    BalasHapus
  5. Mesin cuci LG 14kg sangat berisik saat spin bagaimana cara mengatasin nya dan pintu susah terkunci harus di banting baru bisa hidup lampu spinnya

    BalasHapus
  6. Ya sama mesin pengering saat mengeringkan berbunyi bising sangat menganggu apa nya ya??

    BalasHapus
  7. Kak mesin cuci saya kalo dipake nyuci tu suaranya kasar, dan seperti ada yg bergetar gitu saking kasarnya suaranya., tadinya dikira vanbeltnya, karna pas dilepas vanbeltnya tu suaranya alus banget beda jauh sama pas dipake nyuci,, tapi tyta bukan, kira2 kenapa y kak,.🙏makasih.

    BalasHapus