Kenali V Belt atau Penbel Mesin Pengering anda

Anda pengusaha laundry yang sering mengalami putus v-belt atau putus penbel? Hal ini umumnya ditandai dengan beratnya tabung/drum mesin untuk diputar. Sebenarnya apa itu V-belt? Di Indonesia v-belt sulit untuk dituliskan sehingga sering disebut dengan penbel. Penbel adalah salah satu alat yang dapat mentransmisikan power dimana alat lain ada seperti Rantai, Gigi dan Timing Belts.

 Fungsi belt sendiri adalah untuk mentransfer rotasi dari pulley yang bertenaga ke pulley lainnya. Belt harus didesain dan dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mentransfer tenaga tersebut seefisien mungkin sehingga tidak ada tenaga yang terbuang.

Konstruksi Vbelt sendiri digambarkan pada gambar berikut









Sedangkan mungkin anda sering mendengar banyak jenis penbel yang juga disesuaikan dengan fungsinya dan tipe vbelt akan dicetak di vbeltnya sehingga anda dapat dengan mudah mengecek dan mencari vbelt yang sesuai dengan mesin cuci/mesin pengering anda. Sebagai contoh adalah vbelt untuk mesin pengering electrolux baru yang kebetulan sama dengan vbelt modena dan delizia menggunakan tipe PH 1930.

PH adalah profile atau jenis vbelt yang umum digunakan untuk penggunaan alat-alat rumah tangga, mesin kecil, konveyor dan mesin transportasi kertas. Jenis lainnya adalah PJ yang digunakan untuk kompresor, PK untuk ac dan kipas angin, PL untuk mesin cuci industri kapasitas besar dan PM untuk industri kertas, mesin pertanian dan alat pemotong tebu. Jenis ini dibedakan dengan lebar masing-masing jalur dan tinggi base compound ke top surface.

Bagi anda yang kesulitan mencari penbelt untuk mesin pengering atau mesin cuci anda, hubungi BOS PENGERING 08562590322 segera. Kami menyediakan penbelt untuk mesin pengering modena, electrolux, speedqueen dan whirpool.